Pages

Saturday, November 27, 2010

Beberapa contoh format file audio dengan karakteristiknya

Berikut ini adalah beberapa contoh format audio dengan beberapa karakteristik, fungsi dan alat pemutarnya ala indomatika


MP3
Pasti banyak orang telah mengetahui format audio yang satu ini. MP3 adalah kependekan dari MPEG (Moving Picture Experts Group). MP3 telah menjadi sangat terkenal dan format audio yang paling dominan. Sebuah file MP3 cukup kecil. Karena software untuk membuat file MP3 yang disebut encoder menggunakan lossy compression.


Ogg Vorbis
Ogg Vorbis dengan extension “.ogg”. dikembangkan sebagai patent-free alternatif untuk MP3. Ogg vorb banyak di dukung oleh dekstop audio player termasuk WinAmp, XMMS, RhythmBox, dan Quintessential. Seperti halnya dengan MP3 , ogg vorbis menggunakan lossy compression. Compresion scheme yang di gunakan ogg vorbis lebih superior dari MP3. Anda b isa mendapatkan kualitas suara yang lebih baik



FLAC
FLAC adalah Free Lossless Audio Coding. Tidak seperti MP3 dan Ogg Vorbis, FLAC menggunakan lossless compression untuk mengurangi ukuran dari file tersebut. Ini berarti tidak ada audio yang di hapus saat file di buat,menghasilkan suara yang lebih berkualitas.


WMA
Microsoft juga memiliki format audio sendiri  yang bernama WMA (Windows Media Audio). Format ini di desain khusus untuk digunakan pada Windows Media Player yang terbuilt in pada sistem operasi windows. Anda bisa menjalankan file WMA pada media player lain juga walaupun berada pada sistem operasi yang lain.


Source: http://islam-download.net/lain-lain/format-audio.html#ixzz16TODf265

No comments:

Post a Comment